Pengabdian Masyarakat Kelompok 20 UTM: Branding UMKM Pengolahan Rumput Laut

 

UMKM

Desa Pagarbatu termasuk daerah yang terletak di pesisir Pulau Madura, oleh sebab itu potensi yang paling banyak dimanfaatkan adalah potensi daerah pesisir. Masyarakat pada daerah pesisir umumnya bekerja sebagai pembudidaya rumput laut. Rumput laut yang dihasilkan para pembudidaya di desa pagar batu dapat dikategorikan ke dalam kondisi sangat baik. Adapun hasil panen rumput laut yang dihasilkan dapat menghasilkan banyak keuntungan karena secara tidak langsung daerah ini menjadi salah satu pengekspor hasil rumput laut terbaik. Hasil panen rumput laut akan dikumpulkan dan kemudian dijual kepada salah satu perusahaan yang berada di kota Sidoarjo. Kemudian oleh perusahaan tersebut akan diekspor ke luar negeri seperti Jepang dan juga China. Masyarakat desa pagar batu juga memiliki UMKM yang bergerak pada bidang pengolahan rumput laut. Adapun produk-produk yang dihasilkan biasanya berupa makanan ringan dan juga minuman.

Saat ini produk yang dihasilkan dari pengolahan rumput laut di desa pagar batu yaitu kerupuk rumput laut, rengginang rumput laut, minuman yang berbasis rumput laut, kembang dan juga kembang goyang dari rumput laut. Adapun pemasaran dari produk-produk tersebut biasanya dijual kepada para distributor yang sudah bermitra dengan UMKM. Selain itu produk yang dihasilkan juga dijual pada beberapa pasar, warung-warung yang ada di sekitar Desa pagar batu dan juga dijual di pusat oleh-oleh kota Sumenep. Pada proses pembuatan olahan rumput laut masih menggunakan cara tradisional. Adapun produk awal yang diproduksi oleh UMKM ini hanya berupa kerupuk rumput laut. Kemudian seiring bertambahnya waktu produk yang dihasilkan juga semakin banyak seperti rengginang dan beberapa produk olahan rumput laut lainnya. Pembangunan usaha ini membutuhkan modal yang tidak sedikit, akan tetapi dana tersebut dapat balik modal dengan cepat karena peminat dari produk ini sangat banyak. Sebagian besar peminat produk olahan rumput laut ini berasal dari pelancong yang mengunjungi kota Sumenep yang kemudian mendatangi pusat oleh-oleh khas kota Sumenep. Produk jadi kerupuk rumput laut yang diproduksi rumah produksi Ibu Laili kini sudah mendapatkan sertifikat dari Dinas Kesehatan dan sertifikat halal.

Permasalahan yang dihadapi pemilik UMKM ini adalah dalam pemasaran yang masih kurang karena keterbatasan tenaga kerja, kekurangan tenaga kerja ini dikarenakan para pekerja yang kurang sesuai dengan keinginan pemilik UMKM dan kurangnya kemampuan dalam membuat produk dan kurangnya ketelatenan. Penggunaan alat produksi yang masih menggunakan alat-alat manual membuat proses produksi kurang efisien. Kekurangan tenaga kerja dan alat produksi yang kurang memadai membuat pemilik UMKM kesulitan memenuhi permintaan para pelanggan.

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.