Pengabdian Masyarakat Kelompok 20 UTM: Sosialisasi serta penanaman TOGA (Taman Obat Keluarga)


Sosialisasi Toga
Sosialisasi TOGA

Tanaman TOGA merupakan taman obat keluarga yang memiliki banyak kashiat serta manfaat bagi kesehatan tubuh. Sosialisasi dan penanaman tanaman TOGA ini diharapkan nantinya dapat dipraktikanoleh masyarakat setempat agar setiap warganya memiliki taman obat keluarga sendiri dan dimanfaatkan sebagai bahan membuat minuman yang berkhasiat dan menyehatkan bagi Desa Pagarbatu.

Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura yang tergabung dalam kelompok 20 pengabdian masyarakat mengadakan sosialisasi dan penanaman tanaman TOGA serta membagikan hasil penanaman TOGA kepada masyarakat di Desa Pagarbatu, Saronggi, Sumenep (11/7/2023)

Tim pengabdian masyarakat dengan pembimbing Mohammad Halili, S. Hum., MlangSt. Melaksanakan program tersebut untuk membantu mengenalkan manfaat tanaman TOGA dan penanaman tanaman TOGA kepada masyarakat Desa Pagarbatu

Pengenalan tanaman toga sangat bermanfaat untuk memantu masyarakat Desa Pagarbatu dalam mebudidayakan tanaman TOGA dimana untuk kedepannya tanaman tersebut dapat digunakan untuk kebutuhan dapur masyarakat sehari-hari. Serta digunakan dalam pembuatan minuman kesehatan yang dapat dikonsumsi tanpa mengkhawatirkan adanya pengawet.

Sosialisasi yang diadakan juga menambah ilmu bagi masyarakat tentang manfaat tanaman TOGA, tata cara pembuatan minuman yang berkhasiat serta menambah ilmu tentang cara memijit syaraf yang baik dan benar.

Ahmad Farisul Haq selaku penanggung jawab program pengabdian masyarakat di Desa Pagarbatu menyampaikan bahwa program pengabdian masyarakat ini dapat meniptakan masyarakat yang sehat dengan memanfaatkan tanaman toga yang ditanam sendiri.

“Berdasarkan hasil survey saya dengan kelompok 20 pengabdian masyarakat terhadap pengetahuan masyarakat tentang tanaman TOGA serta manfaat bagi kesehatan tubuh masih kurang, ,maka dari itu saya dan tim mengadakan sosialisasi dan penanaman TOGA di Desa Pagarbatu” imbuhnya.

Melihat kurangnya pengetahuan masyarakat akan manfaat tanaman TOGA Kelompok 20 mengadakan sosialisasi dan penanaman tanaman TOGA dengan tamu undangan yang hadir yaitu para perangkat desa serta para kader didesa Pagarbatu.

“Sosialisasi dan penanaman tanaman toga dengan mendatangkan pemateri yang ahlli dalam bidang kesehatan dan manfaat tanaman TOGA, yang nantinya dari hasil program ini masyarakat menyadari bahwa penanaman dan manfaat tanaman TOGA sangat banyak hingga masyarakat ingin membudidayakan tanaman toga secara mandiri maupun yang akan dikelola bersama desa setempat” lanjut Faris.

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.